MENENTUKAN
KPK DAN FPB DENGAN MEDIA STYROFOAM
“STYROFOAM
CONGKAK”
2.1.
Pengertian
KPK dan FPB
KPK adalah
kelipatan persekutuan kecil sedangkan FPB adalah faktor persekutuan besar. Namun
yang lebih singkatnya dalam pengertiannya KPK yakni bilangan yang bisa dibagi
dan FPB bilangan yang bisa membagi. Maksudnya yakni bilangan FPB bisa membagi
KPK dan KPK bisa dibagi FPB. KPK adalah bilangan asli terkecil yang merupakan
kelipatan yang sama dari dua bilangan atau lebih sedangkan FPB merupakan nilai
faktor bilangan terbesar yang sama dari 2 bilangan atau lebih yang juga
merupakan hasil kali semua bilangan faktor prima yang sama, dengan pangkat
terkecil
Dalam menghitung
FPB dan KPK biasanya menggunakan pola pohon faktor seperti contoh berikut ini :
o
Carilah FPB dan KPK dari 12 dan 16
Cara Pohon Faktornya yakni:
12 = 2 x 2 x 3 = 22 x 3
16 = 2 x 2 x 2 x 2 = 24
Untuk menentukan FPB dari 12 dan 16
yaitu dengan mencari nilai yang sama dan pangkat terkecil. Maka FPB dari 12 dan
16 adalah 22=4
Sedangkan untuk KPK dari 12 dan 16
yaitu dengan mencari nilai yang sama pangkat terbesar dan sisanya. Maka: 24
x 3 = 16 x 3 = 48, KPKnya adalah 48.
2.2.
Menentukan
KPK dan FPB dengan media Styrofoam
Terkadang menentukan
KPK dan FPB menggunakan pola pohon
faktor, siswa menemukan kesulitan dalam menentukan KPK dan FPB. Oleh karena
itu, kita mencoba membuat suatu media yang bisa mempermudah siswa dalam
menentukan KPK dan FPB. Media tersebut diberi nama Styrofoam Congkak”.
Media ini
mempunyai kelebihan yaitu pembuatan media ini terbilang mudah, bahan yang
digunakannya pun tidak sulit dicari dan waktu yang diperlukan tidak begitu
lama. Selain itu, cara memainkannya pun cukup mudah yaitu dengan meletakkan
biji-bijian satu per satu di lubang sesuai dengan kelipatan atau perkalian
faktor. Akan tetapi, siswa harus hafal
kelipatan dan perkalian sehingga pada saat melakukan permainan ini. Selain itu,
permainan ini terbatas karena tidak bisa menghitung FPB dan KPK lebih dari 50.
Adapun cara
membuat dan memainkan “Styrofoam congkak”
ini yaitu :
a. Cara
Membuat “ Styrofoam congkak “
·
Alat dan Bahan
o
2 buah Styrofoam
o
Cutter
o
Mistar
o
Lem Fox
o
Batu Kerikil
·
Langkah Pembuatan
o
Ambil
styrofoam lalu bagi menjadi dua bagian.
o
Kemudian salah satu bagian Styrofoam dipotong
kotak-kotak sebanyak mungkin.
o
Setelah itu tempelkan kotak-kotak
tersebut ke bagian styrofoam yang tidak dipotong kotak.
o
Lalu media tersebut selesai dibuat.
b.
Cara memainkan permainan ini yaitu
Misalnya:
1. Untuk
menentukan KPK 2 dan 3
a.
Letakkan batu kerikil sejumlah kelipatan
2 di lubang-lubang baris pertama sesuai nomor lubang batu kerikil dan kelipatan
dua, yaitu 2, 4, 6, 8, dan seterusnya.
b.
Saat menjabarkan kelipatan 3, letakkan
batu kerikil di lubang-lubang baris kedua sesuai nomor lubang dan kelipatan 3, yaitu 3, 6, 9, 12, dan seterusnya.
c.
Dari baris lubang pertama dan kedua,
sudah bisa menentukan KPK dengan melihat batu kerikil yang letaknya satu kolom
atau berada pada nomor lubang kerikil yang sama.
2.
Untuk menentukan FPB 3 dan 6
a.
Carilah faktor dari 3 yaitu 1 dan 3
kemudian letakkan 1 dan 3 pada baris pertama sesuai nomor lubang kerikil
b.
Carilah faktor dari 6 yaitu 1, 2, 3, 6
kemudian letakkan 1, 2, 3, 6 pada baris kedua sesuai nomor lubang kerikil
c. Dari
baris lubang pertama dan kedua, sudah bisa menentukan FPB dengan melihat biji
kerikil yang letaknya satu kolom atau berada pada nomor lubang kerikil yang
sama.
2.3.
Klasifikasi
Media Pembelajaran
“Styrofoam congkak” ini
termasuk kedalam kelompok multi media yaitu media objek. Media objek merupakan
media tiga dimensi yang menyampaikan informasi tidak dalam bentuk penyajian
melainkan melalui ciri fisiknya sendiri seperti, ukurannya, bentuknya,
fungsinya, dsb.
Adapun
kelebihan dan kekurangan menggunakan media dan memainkan permainan ini yaitu :
·
Kelebihan dari Media Styrofoam
a. Siswa
tidak hanya memperhatikan media ini saja tetapi dituntut untuk berinteraksi
selama mengikuti pembelajaran.
b. Siswa
memiliki pengalaman yang berbeda.
c. Dapat
menghilangkan kebosanan siswa karena media yang digunakan lebih bervariasi.
d. Pembuatan
media yang cukup murah dan biayanya relatif murah.
e. Meningkatkan
aktivitas siswa belajar.
·
Kekurangan dari Media Styrofoam
a. Media
ini hanya dapat menentukan KPK dan FPB tidak kurang dari bilangan 50.
b. Dalam
menggunakan media ini siswa harus hafal perkalian sehingga memudahkan
mengguanakan media ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar